Test Ride Yamaha YZF-R25 Di Dalam Kota, Kira-Kira Nyaman Nggak Ya?
Sedikit masuk jalanan ibu
kota, mulai banyak angkutan perkotaan yang berhenti sembarangan. Ini
jadi saat yang tepat untuk uji handling motor yang punya bobot kosong
166 kg ini. Ketika menggoyangkan badan untuk berbelok, motor seakan
menyatu dengan badan. Gerakan badan bisa diikuti dengan cepat dan halus.
Sedikit mirip menunggang skutik berbadan gambot. Tidak terlalu ringan
namun mudah untuk dikendalikan.
Kondisi lalin yang padat jadi tantangan
tersendiri untuk membuktikan kelincahan sport yang nyaman ini. Hasilnya,
tidak ada kesulitan untuk menekuk R25 meliak-liuk di antara himpitan
mobil. Sangat bersahabat.
Satu jam bergelut dengan kemacetan ibu
kota, tidak terasa lelah. Membawa R25 dijalur yang padat memberikan
sensasi yang berbeda dari motor sport kebanyakan. Tidak salah kalau
pihak YIMM sebagai produsen mengklaim motor ini nyaman buat harian.
Kenyataannya memang demikian.
Setelah puas dengan handling, tester coba
menggali performa mesin 2 silinder segaris berkompresi 11,6 : 1 yang
diusung R25. Biar datanya lebih akurat, tes akselerasi dicatat Vericom
VC3000.
Untuk menempuh kecepatan 0-60 km/jam, R25
bisa melibasnya dalam waktu 3,59 detik saja. Sedangkan berakselerasi
dari 0-100 km/jam, hanya butuh 7,10 detik. Lalu buat menempuh jarak
0-100 meter, motor yang mengusung beberapa teknologi MotoGP ini
meraihnya dalam 6,48 detik. Sementara menempuh jarak 201 meter yang
banyak digunakan para pecinta adu kebut trek lurus, diucapai dalam 10,16
detik.
Oh iya, kala digeber pada putaran tinggi,
tenaga besar yang tersimpan dari mesin berkonfigurasi kruk as 180 ini
makin terasa. Perpindahan gigi terasa cukup halus, namun menciptakan
entakan yang membuat motor melaju semakin cepat. Ciri khas mesin dua
silinder, tenaganya baru terasa saat mesin bermain di rpm tinggi.Spesifikasi Yamaha R25 | ||
Dimensi | ||
P x L x T | : | 2.090 mm x 720 mm x 1.135 mm |
Jarak sumbu roda | : | 1.380 mm |
Jarak terendah ke tanah | : | 160 mm |
Tinggi tempat duduk | : | 780 mm |
Berat isi | : | 166 kg |
Kapasitas tangki bensin | : | 14,3 L |
Rangka | ||
Tipe Rangka | : | Diamond |
Suspensi Depan | : | Teleskopik |
Suspensi Belakang | : | Swing Arm |
Ban Depan | : | 110/70 – 17 M/C |
Ban Belakang | : | 140/70 – 17 M/C |
Rem Depan | : | Cakram hidrolik, piston ganda |
Rem Belakang | : | Cakram hidrolik, piston tunggal |
Mesin | ||
Tipe mesin | : | 4 langkah, 8 Valve DOHC Berpendingin cairan |
Jumlah / posisi silinder | : | 2 Silinder / Tegak |
Diameter x langkah | : | 60,0 x 44,7 mm |
Perbandingan kompresi | : | 11,6 : 1 |
Daya maksimum | : | 27,2 kW / 1.200 rpm |
Torsi maksimum | : | 23,2 Nm / 10.000 rpm |
Sistem starter | : | Electric Starter |
Sistem pelumasan | : | Basah |
Kapasitas oli mesin | : | Total = 2,40 L ; |
Sistem bahan bakar | : | Fuel Injection System |
Tipe kopling | : | Basah, kopling manual, multiplat |
Tipe transmisi | : | Return 6 kecepatan |
Pola pengoperasian transmisi | : | 1-N-2-3-4-5-6 |
Kelistrikan | ||
Sistem Pengapian | : | TCI |
Battery | : | GT28V (MF Battery 7Ah) |
Tipe Busi | : | CR 93 (NGK) |
Tidak ada komentar :
Posting Komentar