Jumat, 13 Juni 2014

Test Ride Yamaha YZF-R25 Di Dalam Kota, Kira-Kira Nyaman Nggak Ya?




Bodi gambot tetapi mudah untuk dikendalikan
Sedikit masuk jalanan ibu kota, mulai banyak angkutan perkotaan yang berhenti sembarangan. Ini jadi saat yang tepat untuk uji handling motor yang punya bobot kosong 166 kg ini. Ketika menggoyangkan badan untuk berbelok, motor seakan menyatu dengan badan. Gerakan badan bisa diikuti dengan cepat dan halus. Sedikit mirip menunggang skutik berbadan gambot. Tidak terlalu ringan namun mudah untuk dikendalikan.
Kondisi lalin yang padat jadi tantangan tersendiri untuk membuktikan kelincahan sport yang nyaman ini. Hasilnya, tidak ada kesulitan untuk menekuk R25 meliak-liuk di antara himpitan mobil. Sangat bersahabat.
Satu jam bergelut dengan kemacetan ibu kota, tidak terasa lelah. Membawa R25 dijalur yang padat memberikan sensasi yang berbeda dari motor sport kebanyakan. Tidak salah kalau pihak YIMM sebagai produsen mengklaim motor ini nyaman buat harian. Kenyataannya memang demikian.


Indikator lengkap dan mudah dibaca
Setelah puas dengan handling, tester coba menggali performa mesin 2 silinder segaris berkompresi 11,6 : 1 yang diusung R25. Biar datanya lebih akurat, tes akselerasi dicatat Vericom VC3000.
Untuk menempuh kecepatan 0-60 km/jam, R25 bisa melibasnya dalam waktu 3,59 detik saja. Sedangkan berakselerasi dari 0-100 km/jam, hanya butuh 7,10 detik. Lalu buat menempuh jarak 0-100 meter, motor yang mengusung beberapa teknologi MotoGP ini meraihnya dalam 6,48 detik. Sementara menempuh jarak 201 meter yang banyak digunakan para pecinta adu kebut trek lurus, diucapai dalam 10,16 detik.
Oh iya, kala digeber pada putaran tinggi, tenaga besar yang tersimpan dari mesin berkonfigurasi kruk as 180 ini makin terasa. Perpindahan gigi terasa cukup halus, namun menciptakan entakan yang membuat motor melaju semakin cepat. Ciri khas mesin dua silinder, tenaganya baru terasa saat mesin bermain di rpm tinggi.


Spesifikasi Yamaha R25
Dimensi
P x L x T : 2.090 mm x 720 mm x 1.135 mm
Jarak sumbu roda : 1.380 mm
Jarak terendah ke tanah : 160 mm
Tinggi tempat duduk : 780 mm
Berat isi : 166 kg
Kapasitas tangki bensin : 14,3 L
Rangka
Tipe Rangka : Diamond
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Swing Arm
Ban Depan : 110/70 – 17 M/C
Ban Belakang : 140/70 – 17 M/C
Rem Depan : Cakram hidrolik, piston ganda
Rem Belakang : Cakram hidrolik, piston tunggal
Mesin
Tipe mesin : 4 langkah, 8 Valve DOHC Berpendingin cairan
Jumlah / posisi silinder : 2 Silinder / Tegak
Diameter x langkah : 60,0 x 44,7 mm
Perbandingan kompresi : 11,6 : 1
Daya maksimum : 27,2 kW / 1.200 rpm
Torsi maksimum : 23,2 Nm / 10.000 rpm
Sistem starter : Electric Starter
Sistem pelumasan : Basah
Kapasitas oli mesin : Total = 2,40 L ;
Sistem bahan bakar : Fuel Injection System
Tipe kopling : Basah, kopling manual, multiplat
Tipe transmisi : Return 6 kecepatan
Pola pengoperasian transmisi : 1-N-2-3-4-5-6
Kelistrikan
Sistem Pengapian : TCI
Battery : GT28V (MF Battery 7Ah)
Tipe Busi : CR 93 (NGK)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar