Penentuan Ukuran Klep & Porting Polish
awalnya kita harus mencari ukuran klep in
untuk mendapatkan ukuran inlet dapat dlikakukan dengan cara : diameter piston(mm) x 55%
ex : diameter piston tiger ( 61,5mm x 55% = 33,83 ) dibulatkan menjadi 34mm ( klep in )
untuk mencari ukuran klep ex dari hasil kali klep in x 85%
ex : ( 34mm x 85% = 28,9mm) dibulatkan menjadi 29mm ( klep ex )
mencari ukuran inlet dilakukan dengan cara: klep in (mm) x 80-8,5%
ex : 34mm x 80% = 27,2mm.
ukuran ini harus rata
dari bibir intake sampai samping dinding bos klep, sedangkan bagian
bawah seteng klep 30,6mm ( diameter seteng klep = diameter klep x 90% )
benuk porting untuk road race lebih gentong dari pada model porting mesin drag yang lebih lurus karena membutuhkan aliran gas yang sangat cepat..
dinding
porting inlet tidak boleh terlalu halus ( agak kasar ) karena dinding
yang kasar akan membantu pemecahan molekul-molekul udara & bensin,
sehingga pencampuran udara & bensin menjadi gas lebih efektif.
Sebelum
Sesudah
sedangkan penentuan ukuran porting exhaust = diameter klep Ex(mm) x 100%
ex : 29mm x 100% = 29mm (ukuran exhaust)
ukuaran ini harus rata dari seteng klep sampai bibir luar exhaust ( tempat knalpot ). Pada dinding lubang port
ex harus halus kinclong....!!!! agar sisa gas pada langkah buang
langsung terbuang memalui knalpot, karena kalau kurang halus gas yang
dibuang akan menabrak pori-pori dinding port dan balik kembali ke ruang
bakar pada saat langkah bilas......
Sebelum......
Sesudah
Tidak ada komentar :
Posting Komentar