Modif
Mesin Motor Untuk Balap Liar Suzuki Satria fu150
Berikut ini bocoran seting balap
liar buat pemilik suzuki satria fu150.Banyak yang bilang di dunia
persilatan balap liar yang keras, kapasitas mesin mesti jadi semrawut alias
gila-gilaan. Layaknya persaingan lainnya, balap liar terkesan cuma
mengenal satu pakem “sing penting menang!”
Nah, buat yang mau mencoba sensasi
balap liar tapi apa daya motor juga dibuat harian ato kepasar, hehehe… jangan
kuatir, silahkan simak tips modifikasi mesin ini…
Mesin Suzuki Satria yang
berkapasitas 150cc hasil dari perkawinan piston diameter 62mm dan stroke 48,8mm
dengan perbandingan kompresi 10,4 ini harus kita rombak spesifikasi-nya jika
anda memang berniat menjadi raja jalanan. Yang pertama mesti dilakukan adalah…
Siapin duit dulu! Kan kalo gk ada duit mana bisa modif…
Ok lah, saya anggap duit sudah
ditangan. Selanjutnya kita akan merubah spek mesin menjadi stroke 61,8mm
hasil dari stroke standar yang dinaikkan langkahnya 6,5mm dan piston 65mm merek
hispeed yang sudah ada coakan klep buat 4klep.
Kalo dihitung kapasitas mesin nya menjadi :
V = 0,785 x 65 x 65 x 61,8 = 204,9cc
Nah, kapasitas segini sudah bisa
buat turun drag resmi di kelas bebek 4tak sampai dengan 200cc Mantaff…!!!
Oya, jangan lupa stroke yang naik
6,5mm ini membutuhkan paking blok bawah aluminium setebal 4,5mm. Kemudian
piston di buat dome dengan ketinggian 1mm saja lalu pangkas head sebanyak
0,5mm.
Ngomongin head pasti ngomongin klep
juga… Langsung aja hajar klep standar (23-19) dengan klep ukuran 25
intake dan 21 exhaust. Kalo ada kesulitan di bagian ini bisa langsung kontak
saya untuk bantuan dan pemesanan.
Kemudian jangan lupa juga noken as
di modif sehingga memiliki lift 7,8mm dengan durasi 280 intake dan 276 exhaust.
Langkah berikutnya, masih seputaran head, jangan lupa porting in dan
ex menjadi lingkaran, kan standar nya oval… Porting dengan diameter saluran
intake 28mm dan exhaust 27mm.
Untuk pegas klep pakai standar saja
karena masih cukup kuat koq. Masalah penyaluran tenaga alias kopling dan
per kopling, bisa diganti dengan produk racing.. Pasti oke
Pastikan juga magnet terkena bubut
melingkar 1,5mm biar enteng dan menunjang akselerasi nantinya. Berikut
masalah karburator. Disini cukup pake karbu NSR SP berdiameter 28mm,
jangan besar2 karbu nya, ntar susah cari lawan… Hheheheeeehhee…
Setting pilot jet 42 dan mainjet
125. Putaran angin 1,5putaran. Lalu untuk urusan pengapian,
serahkan saja pada cdi rextor – boleh yang adjustable atau yang programable –
setting dari 15 derajad sampe 38 derajad di rpm 9000. Limiter dipatok di
rpm 14000 saja sedangkan untuk gigi rasio alias transmisi pake standar saja gak
masalah.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar