MENCIPTAKAN SIHIR PADA KNALPOT RACING
Berarti bukan hanya kita harus menghubungkan bibir knalpot memiliki sudut yang pas terhadap porting exhaust, tetapi juga kita harus pandai menentukan diameter dan panjang dengan pas. Tentu saja tempat terbaik untuk melakukan eksperimentasi ini adalah dengan menaikkan motor pada mesin Dynotest. Bagaimanapun juga, ada kemungkinan untuk menghasilkan knalpot sesuai harapan kita jika kita memahami prinsip ‘exhaust tuning’ dan aturan-aturan dasar tentang knalpot ber-performa tinggi.
Ukuran diameter pipa akan membantu kecepatan gas buang melalui knalpot. Diameter pipa yang besar, relative terhadap ukuran silinder, akan menurunkan gas velocity. Karena sebuah mesin akan menciptakan pincak torsi pada kecepatan gas sekitar 75 meter/second maka header pipa knalpot akan mempengaruhi pada RPM berapa puncak torsi akan berada. Jadi pipa knalpot yang lebih besar akan menggeser puncak torsi yang diproduksi mendekati limiter.
Merubah panjang knalpot akan membantu meningkatkan kurva tenaga mesin di sekitar titik torsi maksimum. Menambah panjang pipa knalpot akan meningkatkan area RPM bawah ke- tengah, dan tenaga puncak pada RPM maximum akan terkuras. Pipa yang pendek akan member high-speed power, dengan kompensasi mengurangi tenaga menengah.
Dengan beberapa faktor ini didalam pikiran kita, maka akan menjadi awal penting sebelum memasuki perhitungan. Berikut adalah rumus untuk menentukan panjang pipa knalpot :
L = ( 850 x ET ) / MAX RPM – 3
L = panjang pipa knalpot yang akan dibuat
ET = Exhaust Timing, kapan klep buang mulai membuka sebelum TMB
MAX RPM = RPM yang dimau untuk mendapatkan puncak tenaga
Contoh :
Jupiter balap saya timing exhaust mulai membuka 80 derajat sebelum TMB , maka perhitungannya adalah
L = ( 850 x 260 ) / 10,000 – 3
L = 19.1 inches = 485 mm
Kemudian kita akan mementukan diameter pipa knalpot yang dibutuhkan =
D = sqrt ( CC / ((L + 3) x 25) ) x 2.1
D adalah diameter pipa yang diinginkan
CC adalah kapasitas silinder
L adalah panjang knalpot
Maka diameter pipa knalpot untuk Jupiter saya adalah :
D = sqrt ( 171 / ((19.1 + 3 ) x 25) ) x 2.1
D = 29 mm
TUNING MESIN MOTOR 4 TAK
Formula Desain Motor Balap
Yup, Ini adalah rumus yang kita
pakai sebagai dasar pengembangan seting mesin balap motor 4 Tak. Keselarasan
dalam pemilihan spek modifikasi akan menentukan karakter tenaga mesin dan
potensi yang mampu dilahirkan. Dengan spesifikasi ini motor lebih mampu untuk
mengeluarkan tenaga di RPM atas. Namun modifikasi tidak hanya terhenti sampai
disini, karena mesin 4 tak memiliki banyak komponen dan variable yang dapat
dikorek lebih dalam untuk dikembangkan. Support dana dalam riset motor balap
tentu akan menentukan kemenangan dalam sebuah kejuaraan ataupun kompetisi,
karena jika setiap detail mampu kita temukan rahasianya untuk dikembangkan maka
sektor itu pula lah yang akan menjadikan motor kita se-per seratus detik lebih
kencang dari motor lawan dan akhirnya menyentuh garis finish lebih dahulu.
Perhitungan penting kala kita
melakukan ubahan saluran porting adalah kecepatan udara atau seringkali
di-istilahkan dengan Velocities, ini merupakan hitungan Gas Speed yang
menentukan homogenitas campuran Udara – Bahan Bakar pada saluran porting. Serta
desain porting yang baik tentu haruslah memenuhi persyaratan tertentu sehingga
aliran udara akan bergerak memutar dalam saluran porting.
Rumus Velocity Porting
Sekian banyak rumusan dalam engine
tuning, sekian banyak buku, sekian banyak referensi, sekian banyak pengalaman
dari teman dan rekan, keberhasilan – kegagalan, piston jebol, kruk as melintir,
per klep patah, gigi transmisi rompal, semua adalah resiko kita dalam
mengembangkan mesin balap agar mampu bekerja melebihi ekspektasi yang
diharapkan. Jika motor balap Moto GP juga bisa jebol minggu ini, dan turun
balap lagi pada pekan berikutnya, maka kita juga harus bisa! J
Dengan banyaknya racing part yang
beredar dipasaran, dengan harga yang tidak murah, serta merk yang beragam tentu
menjadi nilai tersendiri. Namun belum tentu semua racing part sesuai dengan
kebutuhan kita, bisa jadi ini adalah pilihan termahal yang harus dibayar dan
bersiap kecewa berat jika ternyata tidak sesuai harapan kita. Tapi, jika jiwa
kamu lebih menyukai susah-senang dan jatuh-bangun dalam meriset motor balap
then let’s join with us dan semoga mimpi kita terwujud. Terpenting adalah
perencanaan modifikasi yang matang, mungkin membeli part racing plug N play
terlihat sangat menggiurkan, namun korekan mata tuner pada lubang porting,
papas an bagian pantat dan pinggang pada noken as, cylinder head yang dikepras
habis akan lebih member nyawa mesin yang ber-Aura balap.
Atas kepercayaan kalian meriset
mesin bersama R.A.T, kami segenap keluarga bengkel R.A.T mengucapkan banyak
terima kasih atas semua pengalaman-pengalaman dalam riset motor balap. Dan
jangan pernah berhenti karena kita harus terus mematok target lebih tinggi,
perolehan waktu yang lebih tajam, motor yang melaju lebih cepat. Terus berlari
bersama kami… Gas Polll…!!!
Tidak ada komentar :
Posting Komentar